Dirlantas Pengin CCTV di Jakarta Mampu Deteksi Wajah

Dirlantas Pengin CCTV di Jakarta Mampu Deteksi Wajah

Bandar Ceme, Agen Poker Online, Agen Domino QQ Capsa Susun – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana menambah fitur kamera Closed Circuit Television (CCTV) di ruas jalan Jakarta yang mampu mendeteksi wajah. Dengan teknologi canggih ini nantinya akan mampu mendeteksi segala perkara pidana dan pelanggaran lalu lintas kian valid.

“Mengikuti perkembangan zaman, fitur pendeteksi wajah di CCTV akan kita pasang,” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, Selasa, 9 Oktober 2018 kemarin. Sebelumnya CCTV pendeteksi wajah bakal di ujicobakan di Kota Surabaya. Mempercepat itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini telah melakukan studi banding ke beberapa negara maju, salah satunya Singapura.

Yusuf mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkot Surabaya. Dia pun mengakui CCTV modern harus demikian, sehingga kerja polisi dalam mengindentifikasi pelaku baik pidana maupun pelanggaran lalu lintas kian mudah.

Baca Juga : Soal Tuduhan Pemerkosaan, Ronaldo Dibela Salah Satu Mantannya

Hanya saja mengenai kapan waktunya, Yusuf belum dapat memastikan dalam waktu dekat. Sebab kemungkinan pembuatan itu dilakukan kajian dan analisis matang, termasuk soal biaya yang disiapkan.

“Fokus kami saat ini yah ETLE dulu. Tapi kalau untuk ke depannya, Insya Allah bisa dilaksanakan,” tuturnya. Kini CCTV yang ada di Jakarta, yang dimiliki sejumlah instansi masih cukup buruk. Selain kualitas gambar yang kurang jelas, banyak CCTV yang kemudian hanya bersifat memantau dan jarang melakukan perekaman.

Sekalipun ada perekaman tak kurang dari 6 jam, jadi ketika lewat dari waktu itu, perekaman sulit dilakukan. Termasuk saat melakukan ungkap kasus, polisi kian kesulitan lantaran sejumlah kejadian yang tak terekam.

About the Author