Kiai Ma’ruf Hadiri Deklarasi Dukungan Pekerja Migran Indonesia

Kiai Ma’ruf Hadiri Deklarasi Dukungan Pekerja Migran Indonesia

Bandar Ceme, Agen Poker Online, Agen Domino QQ Capsa Susun – Calon Wakil Presiden (Calon wakil presiden), KH Ma’ruf Amin hadir deklarasi suport yang dikerjakan beberapa pekerja migran yang terhimpun dalam Jokowi Pro Pekerja Migran Indonesia (JOPROMIG) di Gedung Bella Vista, Pondok Gede, Bekasi, Kamis (25/10/2018).

Dalam sambutannya pria yang akrab dipanggil Kiai Ma’ruf itu mengatakan, tidak hanya mekanisme peletakan, diplomasi internasional yang kuat masih tetap dibutuhkan dalam menguatkan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Menurut dia, saat kepemimpinan Jokowi, pemerintah sudah menancapkan tata kelola serta perlindungan yang kuat pada beberapa tenaga kerja migran. Hingga, mereka memperoleh akses perlindungan yang gampang. “Kita mesti berterima kasih pada Pak Jokowi karena itu,” tutur Kiai Ma’ruf.

Memiliki bentuk, kata Kiai Ma’ruf, proses dari pembuatan UU nomer 18/2017 mengenai perlindungan tenaga kerja migran Indonesia yang menghabiskan waktu 9 tahun. Lantas membuat service terpadu satu atap di tingkat propinsi sampai kabupaten/kota. Pemerintah ikut lakukan kursus TKI yang dibiayai APBN. Ada pula program Desa Migran Produktif membuat perlindungan TKI serta Keluarga.

Dalam peluang itu, Ketua Umum MUI itu sempat juga share cerita pengalamannya berjumpa Pemerintah Malaysia. Kiai Ma’ruf mengakui menginginkan Indonesia serta Malaysia yang serumpun itu tidak berlangsung perseteruan sebab masalah tenaga kerja Indonesia yang ada di negara itu. Karena itu, dia mengharap Indonesia serta Malaysia dapat bangun kerja sama yang baik serta sinergis.

Pada pekerja Migran, bekas Rais Aam PBNU itu menyatakan jika Presiden Jokowi selalu berusaha untuk kesejahteraan pekerja migran. Bekas Wali Kota Solo itu dia anggap ikut berusaha untuk buka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Baca Juga : Pelanggan Vape Liquid Narkoba Rata-rata Pelajar dan Mahasiswa

“Yakin tidak negara ingin bubar?” bertanya Kiai Ma’ruf.

“Tidak,” jawab peserta acara yang di hadiri Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dakhiri itu.

“Nah tidak yakin kan. Menurut saya, hari esok Indonesia semakin lebih hebat serta cemerlang. Sebab Pak Jokowi telah menempatkan patok-patok, milestone untuk melompat jauh pada saat mendatang,” kata Kiai Ma’ruf.

Sesaat untuk deklarasi suport tersebut, Ketua Umum JOPROMIG, Joeslin Nasution mengatakan pekerjaan itu ialah bentuk masukan pekerja migran dari semua Indonesia. Karena sesudah dilihat saat empat tahun paling akhir, telah dapat dibuktikan jika Presiden Jokowi memang memberikan perhatian mengagumkan.

“Pak Jokowi telah memberikan bukti bagaimana keterpihakan pada tenaga kerja Indonesia,” kata Joeslin Nasution.

Ada 4 point dalam ikrar deklarasi suport itu. Yaitu mengawasi kerukunan serta persatuan bangsa; mengawasi pesta demokrasi 2019; memberi dukungan Jokowi-KH Ma’ruf; serta seruan untuk pekerja migran Indonesia di semua dunia, beberapa keluarga, serta purnamigran, untuk menjadikan satu barisan pemenangan Jokowi-Kiai Ma’ruf.

Menyikapi suport itu, Kiai Ma’ruf mengemukakan perasaan terima kasih yang dalam. Baginya, suport itu jadi seperti daya besar buat kemenangan Indonesia.

“Saya memandang begitu lumrah serta terasa bangga atas suport ini, sebab saat pemerintahan Presiden Jokowi dibantu Menaker Hanif Dhakiri, tetap berupaya untuk memajukan pekerja migran Indonesia,” kata Kiai Ma’ruf.

About the Author