Kotak Suara ‘Kardus’ Pemilu Diuji Coba, Begini Hasilnya

Kotak Suara ‘Kardus’ Pemilu Diuji Coba, Begini Hasilnya

Bandar Ceme, Agen Poker Online, Agen Domino QQ Capsa Susun – Kotak nada Pemilu 2019 diuji-coba. Beberapa langkah dikerjakan untuk menguji kemampuan kota nada yang terbuat dari karton serta sudah sempat jadi masalah itu.

Eksperimen dikerjakan Komisi Penentuan Umum (KPU) Jakarta Barat. Beberapa langkah dikerjakan untuk menguji ketahanan kotak nada, dari mulai dibasahi, diinjak, sampai di taruh beban seberat 50 kg.

“Bisa disebutkan ini adalah kotak nada istimewa. Sekalinya dari kardus, tetapi kekuatannya melibih kardus karton umum,” kata Ketua KPU Jakarta Barat, Cucum Sumardi di kantornya, Selasa (18/12/2018).

Kotak nada ini terbuat dari karton kedap air dengan panjang memiliki ukuran 60 sentimeter, lebar 40 sentimeter serta ketebalan 1 sentimeter. Kotak berwarna putih itu mempunyai dua bagian pentup yang digembok dengan memakai pengikat kabel memiliki bahan plastik.

Di bagian penutup atas, kotak nada digembok dengan kabel penghubung yang dikencangkan dengan kunci gembok spesial.

Di depan mass media, Cucum lalu lakukan tiga langkah ketahanan kemampuan kotak nada. Ia minta seseorang stafnya yang mempunyai berat lebih dari 50 kg (kg) untuk berdiri diatas kotak. Lantas, diangkat saat 10 detik. Kotak masih kuat serta tidak rusak.

Baca Juga : Mudik Natal dan Tahun Baru, Kakorlantas Pantau Tol Trans Jawa

Pada eksperimen ke-2, Cucum lalu minta stafnya yang mempunyai seberat 86 kg untuk berdiri diatas kotak. Saat 20 detik berdiri, Kotak itu masih tetap kuat serta tidak rusak.

Eksperimen ikut dikerjakan dengan menyemprotkan air ke kotak nada itu. Akhirnya, air tidak dapat tembus kotak itu.

“Disiram gunakan air di luar tidak tembus. Jadi ini kedap air serta air akan turun dengan sendirinya. Lalu di buka tidak ada yang basah, dikit juga tidak basah,” tuturnya.

Cucum menjelaskan KPU Kota Jakarta Barat mempunyai seputar 27.000 kotak nada untuk pengambilan suara DPD, DPR, serta DPRD serta Presiden. Kotak nada tersimpan dalam suatu gudang di Kelapa Dua, Kebon Jeruk.

“Banyak rumor yang muncul kotak nada terbuat dari kardus serta tidak kedap air. Itu sebetulnya hoax saja, kita tunjukkan kekuatannya,” tutup Cucup. (Yan Yusuf)

About the Author